28 Tenaga Kesehatan di Buton Positif Covid-19

Reporter: Adhil

BUTON – Tim gugus tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Buton mengumumkan penambahan kasus baru corona di Kabupaten Buton berdasarkan hasil uji swab.

Untuk penambahan kasus baru corona di Kabuten Buton tersebut per Jumat 19 Juni 2020 mencapai 30 orang dimana 27 diantaranya merupakan tenaga kesehatan (Nakes).

Juru bicara tim gugus tugas Covid-19 Kabupaten Buton, dr Hayun mengungkapkan, dengan penambahan 30 kasus baru ini maka keseluruhan kasus positif corona sebanyak 36 orang.

Dengan satu orang diantaranya dinyatakan meninggal dunia saat masih berstatus sebagai pasien dalam pengawasan (PDP) corona.

Dijelaskannya juga, dari 30 orang kasus baru tersebut, sebanyak 27 kasus merupakan Nakes. Dan secara keseluruhan jumlah Nakes yang positif itu ada 28 orang. Karena sebelumnya, sudah ada satu Nakes yang lebih dulu terpapar Covid-19.

“Ke 28 tenaga kesehatan itu, semuanya merupakan petugas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Buton. Sementara tiga orang lainnya, memang meraka PDP yang sementara di rawat setelaha hasil rapidnya reaktif,” terang dr Hayun.

Dijelaskannya juga, secara umum ke 28 tenaga kesehatan di Buton tidak memiliki riwayat kontak dengan pasien atau baru kembali dari daerah zona merah lainnya.

Namun demikian, meski tidak menunjukan adanya gejala sakit akibat covid-19, seluruhnya telah dilakukan proses karantina sesuai standar penanganan covid-19.

Dirinya berharap, masyarakat Buton utuk segera melaporkan diri ke tim gugus tugas jika pernah melakukan interaksi dengan pasin positif Covid-19. untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 secara luas di Kabupaten Buton.

“Riwayat terpaparnya warga yang positif ini tidak jelas atau bisa dibilang sporadis. Namun demikian, pasien tetap kita tangani secara protokol yang ditetapkan. Untuk yang pernah kontak fisik dengan yang positif, segera melapor agar kita bisa lakukan tes agar bisa kita tau yang bersangkutan itu positif atau tidak. Paling tidak agar upaya pencegahan bisa kita lakukan sedini mungkin,” imbau dr Hayun.

Secara keseluruhan, berdasarkan data update tim gugus tugas penanganan Covid-19 di Kabupaten Buton, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) berjumlah satu orang, orang dalam pengawasan (ODP) sebanyak empat orang/

Selanjutnya orang tanpa gejala (OTG) sebanyak 54 orang dan pasien positif berjumlah 36 orang, dimana satu orang meninggal dunia hingga total positif berjumlah 35 orang.

Iklan dalam Berita Ana Wonua Distributor Oli Total