oleh

Baubau Bakal Dibangunkan Pangkalan Angkatan Laut

-BUTON-51 dibaca

Reporter: Adhil

BAUBAU – Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Kendari, Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia berkunjung ke Kota Baubau hari ini Rabu, 15 Mei 2020. Dikunjungannya itu, Kolonel Andike berjumpa langsung Wali Kota Baubau, Dr H AS Tamrin MH untuk membahas rencana pembangunan pangkalan TNI AL di Kota Baubau.

Ditemui usai pertemuannya bersama AS Tamrin, Kolonel Andike mengatakan, terkait rencana pembangunan pangkalan angkatan laut, pemerintah Kota Baubau telah memberikan pernyataan kesediaan untuk mendukung proses pembangunan tersebut, dengan membantu menyediakan lahan.

“Sebenarnya rencana ini sudah dibahas sebelumnya. Namun kedatangan saya kali ini, selain bersilaturahmi dengan pemerintah Kota Baubau, kami sempatkan untuk kembali membahas rencana ini. Saat ini di Baubau masih berstatus berdiri pos angkata laut dibawah Lanal Kendari, nah dengan sembari menunggu pembentukan provinsi baru, Kota Baubau akan punya Pangkalan sendiri dengan status tipe B,” terang Kolonel Laut Andike.

Kolonel Laut Andike mengatakan, pembangunan pangkalan angkatan laut di Kota Baubau dinilainya sangat tepat. Mengingat, potensi laut di Kota Baubau cukup menjanjikan karena memiliki nilai ekonomi tinggi. Untuk itu, hadirnya pangkalan laut, bisa membantu dalam upaya pengawasan wilayah laut di Kota Baubau dan daerah sekitarnya.

“Kami mohon doanya, semoga rencana ini bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala,” harap Kolonel Laut Andike.

Sementara itu, Wali Kota Baubau, Dr H AS Tamrin MH berjanji akan mendukung penuh proses pembangunan pangkalan milter angkatan laut di Kota Baubau.

“Ini rencana yang sangat positif dan bagus. Kami dari pemda sangat setuju dan mendukung. Nah sebagai langkah awal, kami akan mencarikan lokasi yang pas dan strategis. Nanti untuk pembangunan pangkalannya, tinggal menyesuaikan. Jangan lupa, sarana dan prasarana pendukung lainnya juga wajib diperhatikan dengan baik,” tambah AS Tamrin singkat. (c)

Terkini