oleh

Bupati Buton Ingatkan Warganya Gunakan Jalur Resmi Bila Ingin Jadi TKI

-BUTON-187 dibaca

Reporter : Adhil

BUTON – Pasca satu orang warga di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra), jadi korban keganasan kelompok bersenjata Abu Sayyaf hingga mengakibatkan meninggal dunia, Bupati Buton, Drs La Bakry MSi meminta seluruh warganya untuk menggunakan jalur resmi jika ingin jadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri.

La Bakry mengungkapkan, dengan menjadi TKI yang terdaftar secara resmi, aktifitas setiap TKI di luar negeri bisa terpantau dengan mudah. Lokasi pekerjaan juga dipastikan akan lebih aman tidak akan membahayakan pribadi yang bersangkutan.

“Kami tidak melarang setiap warga di Buton mencoba mencari rezeki di luar negeri. Hanya saja demi keamanan dan kenyamanan saat bekerja, sebaiknya terdaftar secara resmi. Sehingga kedepannya, tidak akan ada lagi kasus seperti yang dialami oleh La Baa, tersandera Abu Sayyaf hingga meningggal dunia karena terkena tembakan. Tentu bukan cuma diri sendiri yang rasakan dampaknya, keluarga di rumah, keluarga di kampung halaman juga pasti akan terkena dampaknya,” kata La Bakry dihadapan warga Desa Kamelanta, Kecamatan Kapuntori, Kabupaten Buton dipenyambutan kepulangan jenazah La Baa, Minggu Sore, 11 Oktober 2020.

Hal senada juga disampaikan Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Yuda Nugraha. Dengan masuk sebagai TKI yang resmi sesuai prosedur yang berlaku, para TKI bisa dipastikan keamanannya melalui perlindungan maksimal dari pemerintah Indonesia.

“Dengan cara yang aman, keselamatan pasti terjamin,” kata Yuda Nugraha singkat. (3).

Terkini