oleh

Buton Zona Hijau Penyebaran Covid-19

Reporter : Adhil

BUTON – Sempat masuk dalam salah satu daerah di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), berstatus zona merah penyebaran Covid-19. Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) kini perlahan menuju status zona hijau. Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buton, Djufri melalui sambungan telepon Senin, 07 Desember 2020.

Djufri mengatakan, diawal penyebarannya, jumlah warga di Kabupaten Buton yang terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai angka 100 lebih dah dari jumlah tersebut, lima orang dinyatakan meninggal dunia. Namun saat ini, berka upaya penanganan medis terhadap pasin covid dan penerapan protokol kesehatan yang baik, jumlah pasien covid di Kabupaten Buton menjadi nol.

“Alhamdulillah, kita di Buton ini sudah masuk zona hijau. Namun demikian, penerapan protokol kesehatan itu masih wajib itu tetap dilaksanakan,” kata Djufri.

Agar tidak terjadi penyebaran baru Covid-19, Pemda Buton terus melaukan sosialisasi kepada masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan 3 M, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Kiat-kiat Pemda Buton tingkatkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah,” urainya.

Meski demikian, kewaspadaan terus dilakukan. Apalagi jika ada warga baru dari luar Kabupaten Buton yang mencurigakan ada gejala-gejala Covid-19, maka akan langsung dilakukan pemeriksaan.

“Kalau ada orang dari luar Buton kita akan periksa kalau mencurigakan dan lakukan rapid tes. Untuk alat PCR Swab kita sudah ada, tapi hasilnya masih tetap harus dikirim ke laboratorium Provinsi Sultra,” tutupnya. (2).

Terkini