oleh

Eratkan Hubungan, Beberapa Paguyuban di Buton Gelar Silaturahmi

-BUTON, FEATURED-105 dibaca

PASARWAJO – Ketua Paguyuban Forum Komunikasi (FK) Labalawa, La Ode Kalimu mengadakan pertemuan Silaturahmi dengan sejumlah pengurus Paguyuban yang ada di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Minggu, (14/1/2018). Hal itu bertujuan mempererat silaturahmi antar Paguyuban dan kekeluargaan di Kabupaten Buton.

Suasana pertemuan silaturrahmi antar paguyuban yang bertempat di kediaman La Ode Kalimu Kelurahan Wakoko Kecamatan Pasarwajo. Kegiatan berjalan dengan penuh semangat kebersamaan dan kekeluargaan, hal itu dapat terlihat dari saling menerima dan membagi ide serta gagasan yang disampaikan oleh setiap Paguyuban.

Menuru La Ode Kalimu, pertemuan silaturahmi tersebut, baru pertama kali dilakukan sejak berdirinya masing-masing Paguyuban di Kabupaten Buton.

“Pertemuan kali ini kita perlu pertahankan, agar kekeluargaan kita masyarakat Buton lebih erat dan tidak dapat terprovokasi dengan tendensi apapun kedepannya,” ujaf Kalimu.

Tempat yang sama, salah seorang Tokoh Adat, La Maki, juga memberikan pandangan yang maju dan membangun untuk masyarakat Buton yang bermartabat. Ia menjelaskan, konflik antar etnis harus dapat dihindari dengan cara menjaga budaya silaturahmi.

“Kita harus menjaga kekeluargaan masyarakat Buton, kita hindari konflik sosial antar etnis, kita harus komitmen dan konsisten dengan mempertahankan budaya silaturahmi kita yang telah diwariskan oleh para leluhur kita, karena ini merupakan indentitas kita sebagai orang Buton,” jelas La Maki.

Dalam pertemuan, juga menghasilkan beberapa  kesepakatan, diantaranya, pendirian Paguyuban yaitu,  Forum Komunikasi Masyarakat Kabupaten Buton yang akan dideklarasikan dalam waktu yang dekat.

Agar diketahui, pertemuan itu juga dihadiri dan diapresiasi oleh beberapa anggota DPRD di Kabupaten Buton.

Reporter: Mualim
Editor: Kardin

Terkini