Kemenag Buton Tetapkan 127 Titik Pelaksanaan Shalat Id

BAUBAU – Kementerian Agama (Kemenag) Buton telah menetapkan 127 titik pelaksanaan shalat Idul Fitri (Id) untuk memperingati Hari Besar Islam di Kabupaten Buton yang terdiri dari 7 Kecamatan.

Kepala Kantor Kemenag Buton, Muchtar mengatakan pihaknya bersama para Camat, Majelis Ulama, tokoh – tokoh agama serta Ketua Forum Kerukunan Umat Agama telah menyepakati titik fokus pelaksanaan shalat Id akan berada di Kecamatan Pasarwajo.

“Seluruh perangkat Pemerintah Insya Allah akan melaksanakan shalat Id di Kecamatan Pasarwajo tepatnya dilapangan Banabungi,” ungkap Muchtar dikonfirmasi diruang kerjanya, Jum’at (8/6/2018).

Dalam pelaksanaan shalat Id nanti, kata dia, pihaknya berencana mendatangkan penceramah dari ibu kota negara yakni Jakarta.

“Rencana kami datangkan penceramahnya dari Jakarta. Pemerintah Daerah (Pemda) bersama Kemenag Buton sudah membentuk 4 tim panitia dimasing – masing Kecamatan yang akan di SK-kan oleh Bupati Buton,” ujarnya.

Dia menjelaskan, tiap Kecamatan akan dibagi menjadi 12 titik hingga 14 titik pelaksanaan shalat Id.

“Kami juga pertimbangkan lokasi Kecamatannya. Tetapi, pada umumnya satu Desa satu titik,” Imbuhnya.

Ia menambahkan, tahun ini ada peningkatan jumlah titik lokasi pelaksanaan shalat Id dibanding tahun lalu.

“Lebaran tahun lalu sebanyak 122 titik. Tahun ini, kita mulai perbanyak dengan pertimbangan bahwa dalam hasil pemantauan Pemda dan Kemenag Buton masih ada tempat – tempat yang susah dipantau makanya kami bentuk kembali supaya masyarakat bisa melaksanakan shalat Id secara mudah dan terjangkau,” tandasnya.


Reporter: Ardilan
Iklan dalam Berita Ana Wonua Distributor Oli Total