oleh

Warga Desa Galanti di Buton Keracunan Massal

-BUTON-520 dibaca

Reporter : Adhil

BUTON – Puluhan warga dari Desa Galanti, Kecamatan Wolowa, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra), dilarikan ke rumah sakit umum daerah (RSUD) Kabupaten Buton setelah mengalami gangguan pencernaan.

Diduga seluruh warga tersebut mengalami keracunan makanan usai menyantap masakan disalah satu pesta di desa tersebut Minggu, 29 November 2020.

Kepala Bidang Pelayanan Medik, RSUD Kabupaten Buton, Awaludin dikonfirmasi hari ini Senin, 30 November 2020 membenarnya peristiwa tersebut. Saat ini kata Awaludin, seluruh pasien telah mendapatkan penanganan medis di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD). Namun karena banyaknya pasien, ruangan tersebut tidak bisa menampung seluruhnya hingga sebagian pasien lainnya terpaksa dirawat didalam tenda covid didepan rumah sakit.

“Untuk jumlahnya saya belum bisa pastikan, karena sampai hari ini masih ada saja yang datang. Ruangan kita terbata, jadi kita manfaatkan tenda-tenda covid di halaman rumah sakit untuk merawat pasien,” ungkap Awaludin melalui sambungan telepon.

Guna memastikan penyebab dugaan keracunan massal warga Desa Galanti, pihak kepolisian setempat sudah melakukan olah tempat kejadian perkara serta menguji kandungan yang ada didalam makanan yang dikonsumsi seluruh pasien.

“Dugaan awal pasti mereka keracunan makanan, tapi untuk lebih jelasnya tunggu saja hasil uji dari makanan itu,” tutupnya. (2).

Terkini